Excelso Summer Holiday Beverages

Saturday, July 13, 2013


Excelso merupakan salah satu gerai kopi lokal terbesar di Indonesia. Anak perusahaan dari Kapal Api Group ini telah beroperasi lebih dari 20 tahun dan terus berkembang hingga sekarang. Seiring dengan pola hidup masyarakat urban yang menganggap kopi adalah bagian dari gaya hidup, Excelso terus berkembang dalam konsep pelayanan, desain dan  menu yang disajikan.


Dengan lebih dari 100 cabang yang tersebar di Indonesia, Excelso mengusung tiga konsep yaitu de’ Excelso, Café Excelso dan Excelso Express. Konsep ini diterapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan lokasi masing-masing outletnya. 
Misalnya saja, de’ Excelso yang didesain sebagai kafe resto yang menyediakan menu makanan yang lebih variatif, mulai dari appetizer, main course dan dessert. Biasanya outletnya berukuran lebih besar dibandingkan dengan Excelso Express dan Café Excelso.

Excelso biasanya memunculkan varian barunya setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Menu seasonal ini tentunya dapat dinikmati dalam jangka waktu tertentu saja, seperti kali ini dimana Excelso meluncurkan Summer Holiday Beverages di bulan Juni dalam menyambut datangnya musim panas.   

Don't miss the promo while it lasts!

Summer Holiday Beverages ini terdiri dari 5 varian minuman berbahan dasar buah segar dan kopi yang menyegarkan dan cocok dinikmati di cuaca yang panas. Dalam event kali ini, kami diberikan tantangan untuk melakukan pemotretan Maui Punch sekaligus berkesempatan untuk mencicipi varian-varian dari minuman baru Summer Holiday tersebut.

Sebagai pendampingnya, Excelso mengeluarkan dua menu makanan andalannya, yaitu : 

Crispy Cass (27,5K)
Tape with filo pastry, served with chocolate sprinkle, cheese and condensed milk 


Crispy Cass adalah makanan ringan yang terbuat dari tape yang digulung dengan filo pastry. Pada bagian atasnya ditambahkan pula taburan coklat meises, keju dan juga susu kental manis. Teksturnya yang renyah dan manis ini menjadi favorit banyak pengunjung. Jika ingin yang lebih segar, maka topping es krim bisa ditambahkan di atasnya, sesuai dengan selera pengunjung.


Excelso Club Sandwich (59,5K)
Grilled chicken slices, smoked beef, cheese, sliced egg, onion, tomatoes and fresh garden greens



Salah satu menu makanan andalan Excelso yang wajib dicoba. Sandwichnya terdiri dari 3 lapis dengan isian yang beragam dan lengkap. Untuk rotinya sendiri bisa diganti menggunakan roti gandum, untuk pilihan yang lebih sehat. Saya suka saus olesan sandwichnya yang gurih dan creamy.

Sementara itu, sambil menikmati Crispy Cass, minuman Summer Holiday yang kami pilih pun berdatangan :


Summer Splash (41,5K)
A Frozen Mix Berries Drink

 

Summer Splash adalah varian minuman Summer Holiday Excelso yang terbuat dari campuran mix berries dengan tesktur yang kental. Rasanya manis dengan semburat rasa asam campuran buah berry yang cukup menonjol. Ungkapan "Less Is More" berlaku untuk minuman yang satu ini. Biarpun campurannya sederhana, namun rasanya nikmat. Cocok sekali dengan semangat liburan musim panas!


Banana Freeze (41,5K)
Blended Banana with Chocolate Syrup, Strawberry Topping and Whipped Cream

 

Minuman yang satu ini juga bertekstur kental dan lembut karena mengandung pisang yang dicampur dengan strawberry dan sedikit sirup coklat. Pisang memang tidak pernah gagal jika disandingkan dengan coklat, namun bagi saya untuk minuman ini, rasa pisangnya mendominasi dan terlalu manis. Pastinya untuk para penyuka minuman manis dan pisang, Banana Freeze merupakan pilihan yang tepat untuk melepas dahaga. 

Banana Frappio (41,5K) 
Chilled Coffee Blended with Whole Banana, Chocolate Syrup and Strawberry Topping 


Dengan kata lain, minuman ini adalah Banana Freeze ditambah dengan kopi. Di minuman ini, rasa pisang yang kuat berpadu seimbang dengan campuran kopi dan sirup coklat serta strawberry. Saat diseruput, rasa moka yang kuat akan terasa di mulut diikuti oleh rasa pisang yang manis samar-samar. Strawberry digunakan untuk memberikan sedikit aksen rasa asam mengimbangi pahitnya kopi dan manisnya pisang. Varian ini adalah varian favorit saya selain Summer Splash. 

Maui Punch (41,5K) 
Banana, Cherry, Lychee, Pineapple Juice, Orange Juice, topped with Strawberry Syrup

Maui Punch adalah varian minuman Summer Holiday yang diunggulkan Excelso. Perpaduan antara banyak buah-buahan segar menghasilkan rasa yang manis dan menyegarkan. Untuk mempertegas rasa, potongan buah leci, nanas dan cherry ditambahkan ke dalam minuman yang penuh warna ini.

Meskipun menggunakan pisang, namun pada Maui Punch tidak terasa berat karena campuran jus nanas dan jus jeruk yang bercitarasa asam dapat mengimbangi manisnya pisang. Sirup strawberry ditambahkan sebagai penyatu rasa asam jus dan manisnya pisang. Tambahan sirup membuat rasanya semakin unik karena perpaduan yang tidak biasa dan tentu saja, menyegarkan. 

 
Behind The Shoot : 
Pada minuman kali ini, kami ditantang untuk mendekor sendiri pemotretan Maui Punch dengan peralatan yang dibawa dari rumah masing-masing. Kami diperbolehkan untuk menghias background dan menambahkan property selama itu tidak merubah minumannya. Satu orang mendapat waktu 10 menit untuk melakukan pemotretan dengan Maui Punch sebagai bintangnya.

Saya sendiri bukan orang yang kreatif, tadinya hanya terpikir untuk membawa buah-buahan segar, sayangnya supermarket yang berada di mall belum buka ketika acara dimulai, sehingga saya  hanya menggunakan alas piring dan bunga segar yang dipetik diam-diam dari pohon milik ibu di rumah. Minuman yang colourful ini cocok disandingkan dengan bunga-bunga segar serta alas yang bermotif senada untuk memperkuat suasana liburan musim panas yang ceria dan seru. 

Maharani (41,5K) 
Coffee, Banana, Cherry, Lychee, Pineapple Juice, Orange Juice, topped with Strawberry Syrup 


Varian Summer Holiday dari Excelso yang satu ini boleh dibilang varian yang paling unik. Maharani memadukan kesegaran buah-buahan Maui Fruit Punch dengan kopi hitam dan disajikan dalam keadaan dingin.
Bagi yang baru pertama kali mencoba, mungkin rasa Maharani akan terasa aneh, namun lama kelamaan akan terasa berbeda. Saat disesap, muncul paduan rasa yang unik antara buah dan aftertaste kopi yang bercitarasa kuat dan pekat.


Kami sangat menikmati acara Summer Holiday Tasting Beverages di Excelso Kota Kasablanka yang sangat nyaman. Selain karena lokasinya yang cukup besar,  ambiancenya berkesan elegan namun tetap santai. Ruangan dibagi menjadi dua, bagian dalam untuk pengunjung yang merokok, sedangkan bagian luar adalah non-smoking area.




Bagian dalamnya berisi sofa-sofa besar yang nyaman dengan banyak aksen kayu pada furnitur dan pernak pernik berbau kopi yang tersebar di seluruh penjuru ruangan, mulai dari lampu, bantal kursi, hingga hiasan dinding. Salah satu sisinya dilapisi kaca besar sehingga dapat melihat suasana di area luar Excelso. 



Overall, Excelso merupakan coffee shop lokal yang patut diperhitungkan karena mampu mengemas produk lokal menjadi lebih bergengsi dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini memang bertujuan untuk membidik target pasar mereka dengan mengenalkan budaya minum kopi berkualitas kepada masyarakat sesuai dengan tagline When Coffee Is Your Lifestyle”.






EXCELSO Kota Kasablanka
Facebook  | Twitter 
UG Floor Unit. MU-36 Kota Kasablanka
Jl.Casablanka Raya, Kav.88 Jakarta Selatan
(021) 294 88508 

You Might Also Like

4 comments

  1. Hi Aline... Blognya keren lho :)
    Thanks review dan foto2nya yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyak ya, Mba Tika. Bisa aja nih..Hehehee..

      Delete
  2. Replies
    1. maacih yence! reviewmu pun tak kalah ciamik!

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe