Plan B Spanish Bistro

Tuesday, July 02, 2013

Meskipun telah buka dari pertengahan 2012, namun saya belum pernah mendengar Plan B sampai saya membaca blog Diplomatic Wife. Akhirnya saya datang bersama dengan teman-teman kantor untuk mencoba sajian tapas dari Plan B. Setelah melewati satu jam lebih kemacetan Jumat malam di Senayan, akhirnya kami sampai juga di Plan B  yang bertempat di rukan Senayan.




Tempatnya tidak mewah, tidak pula terlalu fancy. Interiornya nyaman dengan jendela-jendela besar sebagai pengganti dinding.Suasananya dibuat santai, sangat cocok untuk tempat ngobrol santai bersama teman.Beberapa meja terdapat di bagian terasnya bagi yang ingin menikmati bersantap sambil merokok.


Bagian dalamnya didominasi oleh warna orange dan merah, salah satu bagian dindingnya ditutupi oleh wallpaper koran yang dihiasi graffiti yang unik. Beberapa sofa terletak di bagian depan, yang lain terdiri dari meja-meja besar dan kursi berderet. Mungkin karena suguhan andalannya tapas, sehingga biasanya pengunjung datang beramai-ramai untuk saling berbagi makanan.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari tapas untuk vegetarian, tapas menggunakan telur, tapas menggunakan seafood, aneka salad & sup, hingga paella dan dessert. Plan B juga menyediakan aneka minuman dari mulai soft drink, coffee, smoothies hingga wine yang bisa dicoba.

Lychee Ice Tea (25K)


Menyegarkan dan tidak terlalu manis. Yang menyenangkan dari minuman yang satu ini adalah : Lecinya banyak!


Wild Sunset (28K)


Minuman yang satu ini tampil dengan simpel dan menyegarkan. Rasa jeruknya manis ditambah dengan campuran soda sehingga lebih segar lagi.


Champinones en Salsa Estilo Bilbao (32K)
Mushroom in Bilbao Style Sauce



Tapas ini dibuat dengan bahan utama jamur yang kemudian dipotong dan ditumis dengan olive oil dan bawang putih. Rasanya gurih, jamurnya lembut dan aromanya wangi sekali. Diberikan pula sebuah roti sebagai teman menyantap hidangan yang satu ini.

Albondigas con Salsa de Verduras (36K)
Meatballs in Vegetables Sauce



Empat buah bakso daging sapi ini dimasak dengan saus salsa yang terbuat dari sayur-sayuran seperti tomat sehingga warna sausnya kemerahan. Teksturnya kental, mirip seperti saus pasta namun tidak terlalu lembut. Rasanya juga lezat, tidak terlalu spicy dengan daging yang juga lembut. Sedap!

Black Paella with Ali Oli "Arroz Negro" (145K)
Typical Catalan Style Rice in Squid Ink with Seafood



Porsi paella ini cukup besar, jika sedang lapar mungkin bisa dimakan 2-3 orang.Terdapat beberapa varian Paella untuk dipilih, namun kami memilih untuk mencicipi Black Paella yang terbuat dari campuran tinta cumi yang gurih sekali. Tekstur nasinya basah dan terasa creamy, di sela-sela nasinya terlihat potongan seafood seperti udang, cumi dan ikan yang menyembul. Untuk menikmatinya, kami diberikan mayonais yang bisa dicampurkan sesuai selera. Luar biasa gurih, lezat dan flavourful.

Spanish Nachos (70K)



Hidangan pembuka dari Plan B, porsinya cukup besar sehingga pas jika dimakan bersama sama. Untuk nachos disini, kami tidak mendapat sour cream dan guacamole yang biasanya selalu ada di Mexican nachos. Nachosnya tidak terlalu istimewa, enak tapi biasa saja.


Gambas Al Ajillo (39K)
Garlic, Shrimp, Olive Oil, Chili Peppers


Udang ini dimasak menggunakan olive oil, bawang putih, dan chilli peppers. Sebuah roti diberikan pula sebagai pelengkap bersantap. Rasanya tidak terlalu spicy, namun gurih ringan. Udangnya pun dimasak dengan tepat sehingga masih juicy dan tidak kering. Lezat!


Classic Caesar Salad with Chicken (33K)



Hanya Caesar salad biasa, tidak ada yang spesial di menu ini meskipun tidak ada yang salah dengan rasanya. Jika kesini tapi sedang ingin makan sayuran segar, maka menu yang satu ini bisa jadi pilihan.

Flan Casero de Huevo con Nata (28K)  
Classic Creme Caramel with Burnt Cinnamon Sugar



Flan adalah sebutan crème caramel di Spanyol.Rasanya memang tidak jauh berbeda dengan crème brulee, hanya saja tekstur flan lebih padat, hampir seperti pudding yang lembut. Rasanya juga enak karena manisnya pas dan seimbang dengan saus caramel yang sedikit pahit.

Crema Catalona con Azucar de Canela (28K)  
Spanish Creme Brulee with Burnt Cinnamon Sugar



Ukurannya lumayan besar, di bagian atasnya diberi gula yang kemudian dibakar sampai menjadi lapisan tipis caramel yang renyah. Aroma kayu manisnya sendiri hanya samar-samar tercium. Teksturnya tidak padat, cenderung seperti bubur yang kental saat disendok. Rasanya enak, karena tidak terlalu manis dan lembut.

Tarta de Limon Merengada con Salsa de Toffee (28K)
Lemon Tart with Meringue and Toffee Sauce




Lemon tartnya berpotongan besar, pada bagian atasnya diberikan meringue yang dibakar dan disajikan dengan saus toffee. Lapisan lemonnya sendiri perpaduan antara rasa asam, manis dan segar, hanya saja menurut saya dessert ini masih terlalu manis, meringuenya juga terasa agak amis. Saya tidak tahu apa saya kurang beruntung atau memang rasanya seperti itu.

Mousse de Chocolate con Salsa de Fresas (30K)
Chocolate Mousse with Strawberry Sauce


Mousse coklat ini juga menjadi salah satu favorit malam itu. Teksturnya lembut, ringan dan creamy. Sebagai pendampingnya, mousse ini dihidangkan dengan saus strawberry yang asam dan segar. Berbeda dengan lemon Tartnya, Chocolate Mousse ini jadi rebutan dan habis dalam sekejap.

Saya sangat menikmati bersantap malam di Plan B. Pemiliknya sangat ramah, dia tak segan berkeliling untuk menyapa para pengunjung, dan bahkan membantu untuk mendeskripsikan dan merekomendasikan menu Plan B kepada kami. Sepanjang malam ia terus berkeliling dari meja ke meja untuk memastikan pengunjung mendapatkan pelayanan yang maksimal.
Semakin malam, restoran yang buka hingga tengah malam terlihat semakin ramai. Saat kami selesai bersantap, sudah tidak ada lagi meja kosong yang tersisa. Sepertinya Plan B juga merupakan salah satu tempat pilihan para expat, terbukti dengan terisinya beberapa meja malam itu oleh sekumpulan orang asing yang tengah asik menikmati tapas khas Spanyol.




Facebook  
Komp.Rukan Permata Senayan
Jl.Tentara Pelajar Blok B25-26, Jakarta 12210 
(021) 579 40821 
Jam buka : 11 PM – 12AM
(Tutup di hari Minggu)

You Might Also Like

1 comments

  1. Glad you enjoyed! Personally I love the seafood paella much more than the black one. =)

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe