Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Saturday, March 19, 2011

Salah satu masakan daerah Indonesia yang menjadi favorit adalah masakan Bali. Makanannya yang sarat bumbu dan pedas menjadikan banyak orang menjadi penikmat setianya. Sebut saja sambal matah, sate lilit, dan ayam sisit. Sekali coba pasti ketagihan. Ayam Betutu khas Gilimanuk adalah salah satu restoran yang menghadirkan aneka masakan khas daerah tersebut, sehingga tidak perlu jauh-jauh naik pesawat untuk mencicipi hidangan khas Bali.

lambang Ayam Betutu Khas Gilimanuk (openrice.com)
 Hidangan yang menjadi andalan restoran dengan lambang wajah yang hampir mirip Gareng ini adalah ayam betutu. Ayam betutu disajikan dalam dua macam jenis yaitu ayam betutu basah dan ayam betutu goreng. Dua-duanya sama enaknya. Jika ingin ayam atau bebek dengan bumbu ungkep basah yang orisinil, sebaiknya mencoba ayam betutu basah. Namun jika ingin ayam yang digoreng kering, ayam betutu goreng adalah pilihan yang tepat. 

Ayam Betutu 1/4 - 24K
Ayam Betutu Goreng 1/4 & Plecing Kangkung

 Ayam betutu bisa dibeli per paket yang terdiri dari nasi putih, plecing kangkung, sambal matah, satu sate lilit dan 1/4 ayam ataupun bebek betutu. Rasanya mantap. Bumbu ayam ataupun bebek betutunya sangat gurih, meresap hingga ke dalam daging disertai dengan rasa pedas yang samar. Plecing kangkung disajikan terpisah dengan sambalnya dan kacang tanah goreng, sate lilitnya juga gurih dan padat. Sambal matah menjadi favorit saya karena sambal ini sangat pedas dan cocok dicampurkan baik ke ayam betutu, lawar ayam ataupun ke plecing kangkung. hmm..betul-betul sedap sampai suapan terakhir.


Paket Ayam Betutu - 26.5K
Nasi Campur Bali - 33K
Lawar Ayam - 17K
 Restoran yang telah memiliki beberapa cabang di Bali, Jogja, dan Jakarta ini juga mengandalkan nasi campur Bali yang terdiri dari nasi putih, kacang goreng, sayur lawar/urap, sambal matah/sambal mbe, sate lilit/sate tusuk, tum ayam/pepes ikan, ayam sisit, telur/udang, ayam bumbu rajang/telur bumbu bali, sambal terasi/sayur ares. Porsinya cukup besar dan lengkap. Sebagai pelengkap, Ayam Betutu Khas Gilimanuk juga menyajikan ikan bakar, urap sayur, sate (ikan) tusuk, lawar ayam, aneka macam tum (sejenis pepes Bali) dan aneka macam dessert seperti yogurt, poffertjes, dan es krim.


Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Jakarta  : Jl. Wolter Monginsidi No. 63A (021-723 3245)
Jogja  :Jl. Watugede No. 2x Mudal Sariharjo Ngaglik Sleman (0274-4463584/ 0813 92666771)
Bali        : Jl. Buluh Indah No. 51x Denpasar (0361-740 7509)
                Jl. Raya Tuban No. 2x Kuta (0361-757 535)
                Jl. Merdeka No. 88 Renon (0361-263 464)
                Jl. Bypass Ngurah Rai No. 89 Nusa Dua (0811 394754)

You Might Also Like

7 comments

  1. sbg orang bali,aq gak ada ngoreksi tulisan mbak aline inii...
    mantap!
    hehehehe...

    ReplyDelete
  2. Mita : masakan Bali selalu ngangenin, Mit!Sekarang aku ngidam nasi campur dan nasi pedes. Huhuu..

    ReplyDelete
  3. harganya udah naik.. huhuhu..

    ReplyDelete
  4. yup, terakhir kali saya kesana buku menunya baru dengan harga baru juga, tapi naiknya tidak terlalu banyak (sekitar 2 - 3 ribu), jadi tetap oke lah. Hehehe..

    ReplyDelete
  5. Kalau lagi jauh gini, paling enak ya nyiksa diri lihat2 makanan indonesia....
    Lapeeer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Sekali, paling ngangenin ya masakan tradisional.. *Ikut laper juga*

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe