Bloomin' Brilliant Brownies

Wednesday, March 30, 2011

, Saya sedang blogwalking ketika saya menemukan resep ini. Cara membuatnya pun cukup mudah, dan lagi ini resep dari Jamie Oliver yang nggak mungkin nggak enak.  Benar-benar brilian memang si abang Jamie, sampai bikin Vani dan anak-anak dari temannya Mami yang sedang kerumah bolak balik nyemilin brownies ini. 
Teksturnya memang agak basah dan gooey, makanya begitu dikeluarkan dari oven biarkan dingin dahulu browniesnya. Setelah itu keluarkan dari loyang dan dinginkan di lemari es sebentar. Meskipun tanpa penggunaan crème fraîche*, rasa browniesnya mantap, untuk saya pribadi makan 2 potong sudah lebih dari cukup. Yang bikin unik lapisan atas bloomin' brilliant brownies ini cukup tebal dibandingkan brownies biasa, jadi terasa lebih crunchy. Cuma untuk ukuran saya brownies ini masih terlalu manis, jadi jika saya buat lagi lain kali saya pasti akan mengurangi takaran gulanya. Mungkin ini karena saya menggunakan coklat masak biasa dengan kandungan coklat dibawah 70%, sehingga coklatnya sendiri sudah manis.
Resep asli Bloomin' Brilliant Brownies bisa dilihat disini. Tapi saya juga sertakan resep brownies yang sudah saya modifikasi dengan bahan-bahan seadanya.

Bloomin' Brilliant Brownies


Bahan :
250 gr unsalted butter
200 g dark cooking chocolate, potong kecil kecil (kalau bisa pakai yang easymelt/couverture lebih enak)
340 g campuran antara gula pasir dan gula halus
65 gr tepung terigu
80 gr bubuk coklat
1 sdt baking powder
4 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat :
1.  Panaskan oven di suhu 180 derajat celcius. Oles loyang dengan margarin dan alasi dengan kertas roti.
2.  Tim coklat dan butter hingga leleh. Jika ingin menggunakan kacang-kacangan masukkan saat coklat sudah meleleh. Aduk rata.
3.  Di wadah terpisah, aduk semua bahan kering sampai rata. Tambahkan campuran coklat dan butter. Aduk rata. Campurkan telur yang sudah dikocok. Aduk rata.
4. Panggang selama 25 menit. Segera keluarkan dari oven dan dinginkan.

Saya melakukan kesalahan saat mencampur adonan keringnya dengan tidak mengayak gula halusnya yang agak menggumpal. Akibatnya saat dipotong-potong, terlihatlah bola-bola kecil gula halus yang belum tercampur sempurna di tengah-tengah brownies. Kesal juga lihatnya, padahal dari segi rasa sudah enak. Ini azabnya kalau malas. Jangan ditiru yaa..
Saya bilang ke Vani kalau ini produk gagal karena gulanya yang menggumpal, tapi tetap saja dia bilang enak, begitu pula dengan anak-anak temannya Mami. Saya pikir mungkin karena masih kecil, jadi yang penting manis pasti dibilang enak. Akhirnya saya bawa browniesnya ke food taster andalan saya yang lain =P, dengan harapan dia bisa memberikan kritik yang membangun. Eh ternyata komentarnya sama saja dengan Vani. Ya ampun, sepertinya saya harus menemukan food taster yang lidahnya lebih profesional lagi kalau begini caranya..


*Crème fraîche (fresh krim) : Sejenis krim asam yang memiliki kandungan lemak sebesar 34% namun rasanya tidak seasam krim asam pada umumnya. Bisa didapatkan di supermarket-supermarket besar.

You Might Also Like

2 comments

  1. Berani kamu cari food tester yang lain? *singsingkan lengan baju*

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe