Chocolate Chips Cookies

Saturday, March 26, 2011

Siapa yang tidak kenal cookies? Cookies aslinya berasal dari bahasa Belanda yaitu "koekje" atau yang berarti "small cake" dalam bahasa Inggris. Konon, cookies menjadi populer di Amerika setelah diperkenalkan oleh warga Belanda dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Saat ini jenis cookies sangat beragam, tidak saja chocolate chips, namun kita dapat memasukkan kacang-kacangan, buah kering, green tea, kopi, atau apapun rasa favorit kita.
Kali ini saya memilih untuk membuat salah satu cookies klasik, yaitu chocolate chip cookies. Saya memakai resep chocolate cookies dari Anna Olson yang katanya chewy di dalam. Kebetulan saya memang tidak begitu suka dengan cookies yang terlalu renyah, jadi saya makin niat mencoba resepnya. Saya membuat satu resep, dan selama dioven, Rudi dan Vani sudah bolak balik ke dapur terus buat ngambilin cookies yang sudah matang. Dua jam kemudian, saya cuma lihat toples kosong. Ampun deh...

Chocolate Chip Cookies

Bahan : 
2 cup tepung terigu 
3/4 cup mentega tawar, biarkan sebentar dalam suhu ruang sampai lunak 
3/4 cup gula palem 
1/4 cup gula pasir
1 butir telur
2 sdt tepung maizena
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam 
8 ons (kira-kira 230 gr) chocolate chips - saya pakai chocolate chips dicampur dark cooking chocolate yang dipotong kecil-kecil.


Cara membuat :
1. Panaskan oven 180 derajat celcius.
2. Campur mentega tawar dan gula. Kocok sampai lembut. Tambahkan vanilla. Aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking soda, dan garam. Tambahkan chocohips.
4. Bentuk adonan, taruh di loyang yang sudah dioles margarin. Jangan lupa untuk memberi jarak yang cukup karena cookiesnya akan mengembang.
5. Panggang sampai matang.

Kata Mbak Anna : If you want crispy cookies, omit the cornstarch and replace the baking soda with baking powder.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe