Fancy Cupcakes for Vani's Birthday

Sunday, March 20, 2011

Hari ini saya mencoba berkenalan dengan fondant atau yang biasa disebut dengan plastic icing. Bahan ini biasanya digunakan untuk menghias aneka cake ataupun cupcakes dan menghasilkan tampilan hiasan 3 dimensi yang lebih halus. Tekstur fondant ini mirip dengan plastisin atau adonan mainan playdough, cara memakainya hanya tinggal diuleni sebentar di bidang yang telah ditaburi tepung maizena agar fondant tidak lengket, beri pewarna makanan, dan dibentuk sesuai selera.
Sebenarnya saya agak ragu karena sama sekali belum pernah menyentuh fondant sebelumnya, jadi saya hanya mengambil sedikit dari adonan fondant siap pakai untuk menggunakannya sebagai hiasan cupcakes ulang tahun Vani hari ini. Ya, sayangku ini tidak mau tart untuk ulang tahunnya, dia sudah pesan dari jauh-jauh hari kalau dia ingin ice cream cake dan cupcakes untuk ulang tahunnya. Jadi saya juga meneguhkan tekad untuk mencoba bermain-main dengan fondant kali ini.
Untuk cupcakesnya saya mencoba resep Cupcakes Vanilla Magnolia Bakery yang menjadi favorit empat sekawan Sex and The City dan terkenal sangat laris itu. Resepnya didapat dari hasil googling tentu saja. Karena hiasannya nanti akan sedikit heboh, jadi saya sengaja membuat cupcakes dengan rasa yang simpel, agar tidak terlalu 'berat'. Hasilnya memuaskan. Wangi vanillanya sangat terasa, tekstur cakenya sangat lembut dan ringan, meskipun terlihat cukup padat. Dimakan tanpa hiasan apapun juga saya doyan. Hehe..



Magnolia Bakery Vanilla Cupcakes
untuk kurang lebih 20 bh cupcakes ukuran sedang

Bahan
1 1/2 cups self-rising flour
1 1/4cups all-purpose flour
1 cup unsalted butter, softened
2 cups sugar (saya kurangi jadi 1 1/2 cups)
4 large eggs, at room temperature
1 cup milk
1 teaspoon vanilla extract (yang cair ya..jangan yang bubuk)

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan tepung, sisihkan.
2. Kocok butter sampai lembut. Tambahkan gula, kocok kembali hingga adonan menjadi lebih halus (sekitar 3 menit).
3. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok. Bagi bahan tepung menjadi 3 bagian, masukkan de dalam kocokan butter satu per satu bagian, diselingi dengan susu dan vanilla. Kocok sampai rata namun jangan terlalu lama.
4. Tuang ke cetakan cupcakes/muffin sampai 3/4 bagian. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dalam suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit dengan api bawah. Untuk mengetes kematangan cupcakes dapat dilakukan tes tusuk. Jika bagian dalam cupcakes masih basah, tambahkan waktu panggang hingga matang.


Sebelum cupcake dilapisi fondant, untuk perekatnya dapat digunakan buttercream. Buttercream dapat dibuat sendiri ataupun dibeli di toko-toko bahan kue. Kalau mau praktis ya beli saja, tapi kalau punya banyak waktu, lebih baik membuat sendiri buttercream yang akan digunakan. Resepnya bisa ambil dari google, jenisnya ada banyak, tinggal disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Saya menggunakan Chocolate Cream Cheese Frosting untuk lapisan atas cupcakes kali ini, termasuk untuk perekat fondant pada 5 cupcakes yang akan saya hias.

Membuat figurine fondant
Ternyata menghias kue dengan fondant itu bukan pekerjaan yang mudah, butuh ketelitian dan kesabaran sampai bisa mendapatkan bentuk yang diinginkan. Terlebih lagi saya masih super amatir dan sama sekali tidak memiliki fondant tools yang dapat memudahkan membentuk fondant. Harganya yang cukup mahal membuat saya berfikir dua kali untuk membeli alat-alat tersebut. Jadi, setelah memutar otak, saya mulai berkarya dengan bahan seadanya. Pewarna makanan 3 macam (merah, kuning, hijau), sedotan besar, sedotan kecil, centong nasi, gunting kecil, pinset, tusuk gigi, dan pisau dapur jadi modal saya siang ini. Hehee..Hasilnya memang masih jauh dari sempurna, namanya juga baru pertama kali. Apalagi figurine wajah cowoknya, saya sudah terlalu malas merubah warna rambutnya, jadi warnanya sama dengan kulitnya. Ngaco ya? Tapi Alhamdulillah, Vani dan tamu-tamu spesialnya senang sekali lihat cupcakes yang lucu-lucu. Harus senang. Awas kalau nggak.  =P

Setelah diberi rambut

Hasil akhir setelah memeras keringat dan tenaga ^^
Special guest^^

Have a wonderful birthday, my dear Vani.
I wish you so many blessings, not only for this day or this year, but for the rest of your life..


Hugs & Kisses,


You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe