Spicy Chicken Wing

Tuesday, March 15, 2011

Si Mami beli sayap ayam, niatnya mau buat buffalo wings sendiri. Tapi sejak saya sudah mencoba buffalo sauce yang tersohor itu, saya nggak doyan dan nggak ada niat masak sendiri di rumah. Gabungan rasanya yang pedas sekaligus asam kurang cocok sama lidah saya yang terbiasa makan pecel. Hehehe..akhirnya daripada si sayap ayam tersia-sia, dimasak saja dengan resep detikfood yang kayaknya enak yang pastinya sudah dimodifikasi sesuai dengan bahan-bahan yang ada dirumah. 
Rasa bumbunya mantap, gurih meskipun tidak terlalu pedas seperti harapan saya. Untuk rasa yang lebih mantap lagi mungkin memang harus ditambahkan Tabasco dan saus BBQ siap pakai sebanyak 1 atau 2 sendok makan saja. Akhirnya sayap ayam ini malah gagal jadi lauk makan siang, karena keburu habis jadi cemilan.

Spicy Chicken Wing



Bahan :
10 sayap ayam, potong 2 bagian, cuci bersih, sisihkan.
75 g tepung terigu 
Bumbu, aduk rata  :
 2 sdm saus tomat botolan
 2 sdm kecap Inggris 
 1 sdm kecap manis 
 3 sdm saus cabai botolan 
 1 siung bawang putih, haluskan (saya hanya cincang kasar)
 1/4 cm jahe, parut (saya pakai sejumput jahe bubuk)
 1 sdt saus Tabasco  (saya skip)
 merica bubuk & garam  
 2 sdm paprika bubuk (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat:



  • Aduk sayap ayam dengan bumbu hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.





  • Taburi sayap ayam dengan tepung terigu hingga rata. Kibaskan ayam untuk menghilangkan kelebihan terigu yang menempel.





  • Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.





  • Taruh di loyang yang telah dialasi aluminium foil atau pinggan tahan panas. Jika ada sisa bumbu, oleskan pada sayap ayam.





  • Panggang dalam oven panas 170 C selama 15 menit, angkat. Sajikan panas. 




  • Saran saya : merendam ayam dalam bumbu dapat dilakukan di pagi hari apabila akan digunakan untuk makan siang agar bumbu lebih meresap. Simpan di wadah tertutup dan dapat ditaruh di kulkas. Segera keluarkan bila siap diolah.

    You Might Also Like

    1 comments

    1. Kenapa harus chicken wing? Kenapa bukan breast chicken fillet atau sekalian whole chicken? Itu yang namanya cemilan mantab!

      ReplyDelete

    Like us on Facebook

    Flickr Images

    Subscribe