Spicy Aglio Olio Spaghetti

Thursday, March 03, 2011

Sore-sore kelaparan di rumah sama Vani. Dia mau dibuatin pasta, tapi karena kami hari itu sudah banyak makan makanan berlemak, saya mensyaratkan tidak memakai creamy sauce untuk pastanya. Akhirnya saya kepikiran untuk membuat Aglio Olio yang ringan, simpel dan ekonomis. Saya menambahkan irisan cabe merah untuk mendapatkan sedikit 'tendangan' pada rasa masakannya. Biarpun bumbunya sederhana, tapi jangan salah lho, rasanya nggak kalah enak sama yang bersaus bolognese ataupun carbonara.



Spicy Aglio Olio Spaghetti

Bahan :
250 gr spagetti
2 fillet ayam, potong dadu
4 siung bawang putih, cincang
3 cabe merah, iris tipis
2 sdm olive oil*
Air, merica dan garam secukupnya

Cara :
1. Didihkan air dalam panci, masukkan sedikit garam dan spagetti. Tambahkan sedikit minyak (sedikit saja ya) untuk mencegah pasta menggumpal ketika matang. Tunggu sampai matang, segera tiriskan. Sisakan 1 cangkir air rebusan pasta.
2. Panaskan olive oil, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan irisan cabe dan daging ayam. Masak hingga berubah warna. Tambahkan spagetti, garam, dan merica hitam ke dalam tumisan. Aduk rata.
3. Tambahkan 1 cangkir air. Masak sebentar hingga air menguap. Sajikan dengan keju parmesan.


Tips :

  • Setelah pasta masak dan ditiriskan, jangan disiram dengan air dingin karena bisa merusak rasa pasta.
  • Jangan takut beli olive oil. Sekarang tersedia dengan harga yang lebih terjangkau dan kemasan lebih kecil, kawan (curahan hati seorang pengangguran nih).
  • Merica biasa bisa diganti merica hitam agar lebih terasa. Cabai bisa dihilangkan bila tidak suka pedas, dan bisa ditambahkan jamur atau apa saja sesuai selera.




You Might Also Like

2 comments

  1. aline, klo ayamnya diganti sosis, kira2 enak ga ya?

    ReplyDelete
  2. Erlinda : bisa-bisa aja, Er..bebas kok mau pake sosis, smoked beef atau ayam. Kalau aku sih pd dsrnya kurang suka sosis,dan kbetulan lg ada ayam.. heheee..

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe