Fried Carrot Cake ala Singapore

Saturday, March 12, 2011

Yang sudah pernah ke Singapura saya rasa pasti sudah pernah kenalan sama makanan lokal populer yang satu ini. Fried carrot cake atau yang dikenal dengan nama lain Chai Tao Kway ini terbuat dari campuran tepung beras dan lobak putih yang kemudian digoreng dengan telur. Ada dua jenis fried carrot cake yaitu hitam dan putih. Bedanya yang hitam memakai kecap manis dalam penyajiannya. 
Di beberapa tempat memang ada yang dalam pembuatannya dicampur dengan wortel, namun lobak putih tetap menjadi bahan utama dari fried carrot cake ini. Jangan salah sangka, saya sendiri belum pernah menginjakkan kaki di Singapura, hanya saja ketika menonton TV saya melihat liputan tentang fried carrot cake terfavorit di Singapura termasuk cara membuatnya dan saya langsung ngidam *dangkal*.

Black & White Fried Carrot Cake
Jadi pagi-pagi sudah ribet cari lobak putih, tadinya saya mau mencampur dengan wortel, tapi setelah lobak putihnya diparut ternyata sudah lebih dari cukup. Saya nggak berani buat banyak-banyak, takut ternyata gagal dan saya nggak doyan. Jadi batal pakai wortel, padahal seumur-umur saya belum pernah makan dan mengolah lobak putih. Jadi deg-degan juga masaknya. Biarpun agak ribet, tapi hasilnya cukup memuaskan.

Saya nggak tahu rasanya sudah mirip dengan carrot cake asli atau tidak tapi ini juga sudah enak. Mirip-mirip siomay tapi tanpa daging ikan, kenyal-kenyal gurih. Cocok untuk vegan yang masih makan telur nih. Setelah dikukus, si carrot cake ini bisa jadi lauk nasi ataupun dimakan tanpa nasi. Bisa juga ditambahkan ke mie. Pokoknya tergantung kreatifitas masing-masing. Sisanya bisa disimpan di dalam wadah tertutup di kulkas. Yang pasti bikin makan tambah enak dan banyak, hehee..Aaah, semua ini salah AFC! *sambil terus makan*

Fried Carrot Cake (Cay Tow Kway)
1 loyang ukuran

Bahan Carrot Cake:
1 bh (kurang lebih 250 gr) lobak putih, parut halus
125 gr tepung beras
25 gr tepung maizena
250 ml air
3 siung bawang putih, haluskan
garam, merica, gula secukupnya.

Cara :
1. Campurkan tepung beras, tepung maizena, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, merica, gula dan 150 ml air.
2. Masak lobak putih yang telah diparut dalam sisa air hingga matang (kira-kira 10 menit). Angkat, tiriskan. Peras untuk menghilangkan kelebihan air pada lobak.
3. Campurkan lobak dengan adonan  tepung. Aduk rata. Tuang di loyang yang telah dialasi plastik. Masukkan ke dalam kukusan hingga matang.

Sampai disini carrot cake sudah jadi dan siap diolah jadi apapun yang diinginkan. Saya cuma coba yang ala Singapore (as seen on TV) karena praktis, keburu lapar soalnya.Tapi beda dengan resep aslinya saya nggak pakai acar lobak karena nggak punya dan nggak suka. 
Resepnya sih bisa di-googling ya, banyak kok. Kalau saya cuma pakai 1 bawang putih yang dicincang kasar, kecap asin, kecap ikan, garam, merica, carrot cake yang dipotong kotak-kotak, dan 2 butir telur. Cara buatnya tinggal goreng dengan sedikit minyak, telur dan daun bawangnya dimasukkan belakangan. Boleh dipertahankan bentuk dadarnya, boleh dibuat ala scrambled egg. Doyaaan!

Fried Carrot Cake Ala Saya



You Might Also Like

2 comments

  1. Mbakkk, sabtu kemarin aku kan makan di salah satu kopi tiam gitu, pesan carrot cake, eh baru tau ternyata yang dimaksud carrot cake kalo di Medan dibilangnya kue lobak (che tao kwe, sebutan hokkien nya), terus cari2 resepnya, ehh nemunya malah di blogmu.. enyak mbak racikannya... tested and proven (y)

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di 🐣PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL🐣

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe