Banana Blueberry Crumble Muffin

Thursday, March 10, 2011

Vani request muffin untuk snack lesnya minggu ini. Dia ketagihan tekstur muffin yang kering di bagian luarnya. Hehee..Saya sih oke saja, muffin kan buatnya kilat, nggak pakai repot. Tapi saya bingung mau bikin rasa apa, saya sudah mulai eneg banget sama coklat, jadi saya nggak mau buat muffin coklat. Dikasi rasa green tea, anak-anak pasti nggak begitu doyan, akhirnya pas lagi buka kulkas, saya menemukan dua pisang teronggok sia-sia. Duh sayang, akhirnya saya ambil saja. Tapi otak mikir lagi, kalau cuma pisang kok kayaknya nggak seru, akhirnya nekat coba-coba ditambahin selai blueberry. Ternyata selain bergizi karena pakai buah-buahan, warnanya cantik seperti yang buat *ehem*, rasanya juga enaaaaak! Tekstur si muffin juga jadi lebih moist dan lembap. Muffinnya manis karena si pisang dan wangi karena blueberry. Belum lagi saya tambahkan crumble di atas muffinnya. Mantap. Muffin ini jadi favorit saya, dengan atau tanpa crumble sekalipun.

Banana Blueberry Crumble Muffin
untuk 26 bh mini muffin

Bahan A :
275 gr tepung terigu
1 sdm baking powder
65 gula pasir

Bahan B :
1 telur
100 gr mentega, lelehkan
240 ml susu cair
1 sdt vanila extract

Bahan Crumble :
50 gr terigu
35 gr mentega
15 gr gula halus
1 sdm susu bubuk, aduk semua bahan crumble dengan tangan sampai berbutir-butir.

Cara :
1. Campur bahan A dengan spatula. Dalam wadah berbeda, campur semua bahan B.
2. Tuang bahan B ke A, aduk sebentar. Tidak perlu sampai rata, jika masih ada yang menggumpal biarkan saja.
3. Tuang ke loyang/ cetakan muffin sampai hampir penuh.  Tambahkan crumble diatas adonan muffin.
3. Panggang di suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit sampai muffin mengembang seperti jamur payung.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe